Jumat, Februari 24, 2012

Kapal Petikemas / Container Vessel


kapal container

Kapal Petikemas ( Container Vessel )
Kapal Container (Inggris: containership atau celullarship) adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang memilki ukusan sesuai dengan standar ISO. Kapal container digunakan sebagai sarana transportasi pengiriman barang oleh Exportir lewat laut ke Importir. Kapal container memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Kapal Container diangkat ke atas kapal di terminal container dengan menggunakan kran/derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derek-derek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu sendiri.


Kapal-kapal Container terbesar

Sepuluh kapal peti kemas terbesar, berdasarkan kapasitas
Built
Nama
Sisterships
Length o.a.
Beam
Maxium TEU
GT
Pemilik
Bendera
2006
Emma Mærsk
6
397.7 m
56.4 m
15,200
151,687
Maersk Line
Denmark
2005
Gudrun Mærsk
5
367.3 m
42.8 m
10,150
97,933
Maersk Line
Denmark
2006
Xin Los Angeles
6
336.7 m
45.6 m
9,600
107,200
CSCL
Hong Kong
2006
COSCO Guangzhou
4
350 m
42.8 m
9,450
99,833
COSCO
Greece
2006
CMA CGM Medea
3
350 m
42.8 m
9,415
99,500
CMA CGM
France
2003
Axel Mærsk
5
352.6 m
42.8 m
9,310
93,496
Maersk Line
Denmark
2006
NYK Vega
2
338.2 m
45.6 m
9,200
97,825
Nippon Yusen Kaisha
Panama
2005
MSC Pamela
5
336.7 m
45.6 m
9,178
90,500
MSC
Liberia
2006
MSC Madeleine
1
348.5 m
42.8 m
9,100
107,551
Liberia
2006
Hannover Bridge
2
336 m
45.8 m
9,040
89,000
Japan
posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 02.34

New Desain Floor Container

Plywood Container

New Desain Floor Container
Plywood atau floor container adalah salah satu komponen petikemas yang berfungsi untuk menahan atau sebagai alas muatan pada saat digunakan untuk pengiriman barang. Konstruksi dari lantai container sangat bermacam - macan ada yang mengunakan kayu lapis, papan kayu atau besi. Pada umunya lantai container mengunakan kayu lapis atau plywood dikarenakan sangat cocok untuk fingsi dan kegunaanya dan mudah pada saat melakukan perbaikan petikemas jika terjadi kerusakn.
Dengan semakin mahal dan langkanya kayu untuk pembuatan container flooring maka organisasi container internasional IICL  mengeluarkan desain container floor terbaru dengan mengurangi 50% pengunaan kayu dan digantikan dengan besi / steel . Adapun konstruksi dari plywood container adalah kombinasi dengan omega plate dengan lebar kurang lebih 250 mm. Adapun kelemahan dari plywood container kombinasi ini adalah cara perbaikan jika terjadi kerusakan akan menjadi sulit. 

posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 00.49

Kamis, Februari 02, 2012

Criteria Inspection



survey container
Inspector dalam melakukan pengecekan atau survey container harus paham tentang kreteria kerusakan dari container tersebut.
Kriteria ini dirancang untuk digunakan pada semua inspeksi kontainer. Kriteria ini tidak boleh bervariasi antara in-service dan on / off hire survey atau inspeksi, dan harus diterima  pada semua principal. Perusahaan penyewaan kontainer dan kontainer operator mendukung kriteria ini semua diseluruh dunia.Pada bagian ini tidak semua komponen dijelaskan, tetapi kriterianya adalah hanya jika suatu komponen memerlukan perbaikan.  Toleransi / diperbolehkan hanya jika kerusakan minimum yang dilakukan tetap
memenuhi kriteria safety kontainer itu sendiri.Metode perbaikan harus dipilih yang paling ekonomis dan sesuai dengan perbaikan sesuai dengan lokasi kerusakan.     
 Didalam melakukan pengecekan bila kita menemukan damage  / kerusakan maka harus bisa memasukan kreteria kerusakan dalam kreteria dibawah :

1.            Acceptable Damage / Kerusakan yang dapat diterima
Adalah kerusakan pada structure atau componen container yang masih didalam standard ISO sehingga tidak diperlukan perbaikan. Contonya adalah penyeok panel yang tidak mempengarusi volume cargo atau pengapalan, gouges di floor yang belum dalam atau mencapai kriteria repair dan lain - lain.

2.            Non acceptable Damage / Kerusakan yang tidak dapat diterima
Adalah kerusakan pada structure atau componen container yang sudah melebihi ISO standard dan CSC standards / standard keamanan container terhadap cargo dan pengapalan. Contohnya seperti Corner post diformasi, pintu tidak bisa ditutup, komponen container hilang dan lain - lain.

3.            Defect Manufacture / kerusakan karena cacat pembuatan
Adalah kerusakan atau cacat yang terjadi disebabkan tidak layaknnya pembuatan container. Contohnya seperti stam CSC Plate yang salah, welding rembes dan lain - lain.

4.            Wear and Tear / kerusakan karena usia
Adalah kerusakan yang disebabkan oleh usia atau container tersebut sudah tua dan digunakan secara normal. Contohnya seperti panel petikemas rusty, panel corroded hole, cat kusam dan lain - lain.

posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 01.14

Procedure Inspection Container

cara pengukuran kerusakan
Sebuah pengecekan harus dilakukan menurut dengan sebuah routine dan pengecekan prosedure secara lengkap. Pengecekan sebuah container untuk kerusakan termasuk pengecekan kebersihan. Didalam prosedur survey container  harus benar - benar dijalankan tahapan - tahapannya sehingga bisa dihasilkan hasil yang detail dan akurat. Berapa point yang diperhatikan dalam melakukan survey container adalah sebagai berikut :

1. Tool Survei
Insepector harus melakukan persipan didepan secara baik alat – alat survei untuk melakukan pengecekan container.Adapun alat – alat tersenut dipergunakan untuk membantu identifikasi  dan pengukuran kerusakan sehingga dalam menentukan kerusakan bisa akurat.Adapun tools survei yang diperlikan adalah sebagai berikut :
* String                       * Kamera digital
* Rule                         * Form survei
* kapur tulis                * Hammer test
* Papan tulis               * Tas pinggang

2.  Item yang dikehendaki Pengecekan
Setiap item container harus dilakukan pengecekan dan pengujian kelayakan untuk kerusakan , wear and tear ,dan improper repair. Inspector harus melakukan pengecekan kebersihan container juga.Inspector harus mengunakan edisi terahkir dari IICL Repair manual for steel freight container untuk menentukan jika repair lama adalah improper repair. Sepecial perintah untuk CSC atau pre – refurbishment pengecekan boleh diterbitkan oleh pemilik container . Berkonsultasi dengan pemilik container untuk mendapatkan informasi selanjutnya.
Adapun bagian – bagian yang perlu dilakukan pengecekan container adalah sebagai berikut :

I.  Door End / Rear End
*   Door header / Rear end top rail termasuk keeper
*   Door sill / Rear end bootom rail termasuk keepert
*   Door panel
*   Door frame
*   Locking bar rods termasuk bracket , guide , cams.
*   Locking bar cams
*   Hinge Componen
*   Door Handles assembly
*   Door handles retainer plate , catches , dan door holdbacks.
*   Door gasket dan retainer strip
*   Rear corner post termasuk J bar
*   Corner fitting bagian atas dan bawah termasuk supportingnya.
*   Rain gutter
*   Markings decal dan data plate
Juga harus dilakukan pengecekan untuk kelayakan pintu container beroperasi dan kelayakan kerja dari door locking assembly.


II. Right Side
*   Side panel termasuk corrugation.
*   Top rail termasuk lassing ring
*   Bottom rail termasuk gusset
*   Forklift pocket  dan straps
*   Front and rear corner post
*   Corner fitting bagian atas dan bawah termasuk supportingnya.
*   Ventilator                                                                     
*   Markings  termasuk Logo owner

III. FRONT END
*   Front Panel termasuk corrugations / tekukan
*   Front header / Front end top rail
*   Front sill / Front end bottom rail
*   Front corner posts
*   Corner fitting bagian atas dan bawah termasuk supportingnya.
*   Markings

IV.  Left Side
*   Side panel termasuk corrugation.
*   Top rail termasuk lassing ring
*   Bottom rail termasuk gusset
*   Forklift pocket  dan straps
*   Front and rear corner post
*   Corner fitting atas dan bawah termasuk supportingnya.
*   Ventilator
*   Markings  termasuk Logo owner.

V.   Roof
*   Roof panel
*   Roof bow
*   Top Corner fitting termasuk supporting.
*   Header extension plate
*   Markings

VI.  Interior
*   Roof panel 
*   Roof bow
*   Floor termasuk hat section / center spacer
*   Side and front panel
*   Door panel and frame
*   Threshold plate
*   Lasing fitting dan logistik track
*   Corner post dan Corner fitting
*   Side Top and bottom rail
*   Front end rail
*   Rear end rail
*   Markings
Setiap container harus dilakukan pengecekan kekedapan terhadap cahaya .

VII. Undersructure
*   Crossmenber , outriggers
*   Side bottom rail termasuk gusset
*   End bottom rail  termasuk gusset
*   Tunel assembly
*   Forklift pocket assembly
*   Undercoating.
*   Floor bagian bawah.

VII,  General
*   Kebersihan interior dan exterior
*   Kondisi cat dan warnannya
*   Struktur container secar umum termasuk ISO dimension
*   Adanya kesalahan perkerjaan repair.

Demikian prosedure survey container semoga dapat memberikan manfaat dan hal terpentinga adalah hasil survey harus ditulis kedalam form survey untuk laporan kepelanggan.
posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 01.09

Rabu, Februari 01, 2012

Definisi Reefer Container







reefer container




Reefer container adalah salah satu jenis petikemas  refrigeration unit dengan system pendingantertutup, secara bahasa reefer container adalah container yang dilengkapi dengan system refrijerasi (refrigerated container) untuk mengawetkan atau menjaga temperature atau suhu komoditi yang ada di dalamnya. Komoditi yang disimpan dalam container seperti ini adalah barang atau cargo yang digunakan untuk kegiatan ekspor atau import. Untuk dapat beroperasi pada saat transportasi reefer menggunakan power supply diesel atau genset agar suhu cargo didalam petikemas reefer bisa tetap terjaga dengan baik sehingga barang tersebut terjamin secara kualitasnya.



Pendinginan tertutup,artinya Material pendingin tidak mungkin habis jika tidak ada
kebocoran.maksud dari system pendinginan tertutupjuga adalah bahwa system tidak
boleh terjadi contaminasion/pencemaran/pencampuran material pendinginan /
(refrigerant) dengan material pendingan jenis lain,udara,gas lain dll.


posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 19.54