Selasa, Januari 10, 2012

Export


Export

Pengambilan container ( Export )


Dalam proses kegiatan export yang mengunakan container sebagai alat transportasinya maka pihak exporter mengajuhkan peminjaman container ke pemilik container atau shipping line. Setelah mendapatkan Booking konfirmasi maka pihak pengirim barang memberikan order ke perusahaan trucking untuk melakukan pengambilan container didepo sesuai dengan DO ( Delivery Order ).

Didalam pengembalian kontainer ke depo harus diperhatikan beberapa hal sbb :
1. Membawa dokument DO Asli dari shipping line 
2. Melakukan pengurusan dokument didepot atau surat muat
3. Memilih container sesuai dengan kriteria yang akan digunakan
4. Melakukan pick up atau muat container didepo
5. Mendapatkan surat jalan atau EIR Out sebelum meninggalkan depot container

Setelah tuck container meninggalkan depo maka pihak transporter harus menjaga kontainer tersebut aman sampai ketempat atau pabrik untuk proses stuffing cargo. Setelah proses stuffing cargo selesai container harus disegel ditempat yang telah ditentukan dengan mengunakan segel dari pelayaran atau shipping line. Setelah proses stuffing cargo selesai maka pihak transporter membawa container tersebut ke Pelabuhan sesuai dengan SI yang dikeluarkan oleh pihak pelayaran untuk proses pengapalan.



posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 19.20

2 komentar:

  1. Mas Ali, ada yang mau saya tanyakan,

    kalau container yang kita pakai ditemukan bolong pada saat kita stuffing apakah kita masih berhak untuk request container pengganti.

    BalasHapus
  2. Iya Pak minta pengantinya atau bisa juga dilakukan perbaikan terlebih dahulu dan hal ini komunikasikan dengan pemilik container menginggat cargo harus selamat sampai dengan tujuan

    BalasHapus