Jumat, Oktober 14, 2011

Jenis alat angkat kontainer ( Heavy Lifting )


Container Crane , sering juga disebut Q Crane  atau Gantry Crane adalah peralatan bongkar muat yang berfungsi untuk membongkar atau memuat peti kemas / Container dari kapal ke Dermaga / daratan.

Sejarah Container Crane dimulai pada saat membuat Container Crane untuk perusahaan Matson pada tahun 1958. Crane tersebut masih menggunakan “ A-Frame”. Setelah itu perusahaan Crane dari Eropa mulai masuk dan menjual Container Crane di pasaran. Setelah itu pada akhir tahun 60 an dan awal tahun 70 an, perusahaan Crane dari Jepang mulai memasuki pasar Container Crane. Hal tersebut diikuti oleh perusahaan dari Korea Selatan. Perkembangan terakhir adalah perusahaan Crane dari China yang dipimpin oleh ZPMC masuk ke pasar dan merebut banyak order di Dunia karena harga yang ditawarkan sangat bersaing.

Dari Container Crane pertama yang realtif sederhana maka Container Crane berkembang dalam dimensi, kekuatan angkat maupun kecepatan angkat.


Panamax : Outreach s/d 35m yang digunakan untuk kapal-kapal yang melewati Terusan Panamax.


Post Panamax : Outreach s/d 45m


Super Post Panamax : Outreach lebih besar dari 45 m


Suez-Max : Outreach s/d 66 m yang digunakan untuk kapal-kapal yang melewati Terusan Suez.

Container Crane sekarang ini sudah menjadi banyak variasinya, antara lain dengan model double Trolley, dengan ketinggian yang Low Profile, dan lainnya. Jenis teknologinya pun bermacam macam, dilihat dari penggeraknya seperti AC Drive, dilihat dari kemampuan angkat seperti dua Container sekaligus dan lainnya. Container Crane akan berkembang terus menerus, sejalan dengan teknologi baru yang ditemukan dan hal tersebut sangat menarik untuk diketahui.

Adapun jenis alat angkut container saat ini adalah sebagai berikut :


1. Fork Lift


2. Side Loader


3. Reach Stacker


4. Gantry Crane


5. Straddle carrier


6. Transtainer ( Rubber Tyre )

Related Post

posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 02.15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar