Minggu, Juli 10, 2011

REPAIR CONTAINER

Repair Container


Adalah proses perbaikan container yang rusak setelah dilakukan proses pencucian, survey dan estimasi of repair / EOR yang diajukan oleh estimator disetujui oleh pemilik container. Adapun perbaikan container harus berdasarkan standard yang telah ditetapkan oleh organisasi international atau IICL yaitu Manual repair container dan beberapa kebijakan dari pemilik container. Repair container dilakukan agar container tersebut bisa digunakan untuk muat cargo dan aman waktu pengiriman barang  atau Export dengan pengapalan.

Prinsip umum dibutuhkan perbaikan / repair
Perintah untuk membuat kepuasan dalam melakukan perbaikan harus mengikuti prinsip umum perbaikan sebagai berikut :
* Menentukan jika kerusakan dikehendaki perbaikan mengunakan standard IICL edisi terahkir yang dikeluarkan berserta buletin IICL.
* Jika kerusakan dikehendaki repair maka perbaikan yang dipilih adalah yang paling ekonomis / murah. Jangan melakukan perbaikan yang lebih mahal atau dibutuhkan untuk kesuksesan hasil yang memuaskan.
* Memilih dan mengunkan alat – alat repair yang pantas /layak dan menyusun alat – alat bantu yg lain serta penrlengkapan tetap yang dibutuhkan untuk perbaikan.
* Melepas componen container yang lain bila berdekatan dengan kerusakan sehingga bila proses perbaikan berjalan componen yang masih baik tidak ikut rusak seperti terbakar.
* Setelah proses pengelasan atau installation komponen maka harus dilakukan persiapan permukaan bidang yang diperbaiki sebelum dilakukan pengecatan.
* Material yang digunakan harus dilakukan pembersihan dan pengecatan primer
* Memasang kembali komponen yang dilepas dalam proses repair.

Kualitas pengantian baru komponen
Setelah dilakukan repair bahwa kekuatan hasil repair harus sama atau lebih kuat dari aslinya. Material yang di-gunakan harus lebih baik atau sebanding dengan aslinya untuk kekuatan dan ketebalnya.Jika material aslinya adalah corten steel maka harus mengunakan corten atau material lain yang sebanding. Jika material yang digu-nakan tidak diketahui atau ragu maka harus ditanyakan kepada pemilik container.Pengelasan material harusnya sekurang – kurangnya sekuat dengan material yang sedang dilas.

Prosedur Umum Repair Container
Didalam prosedur repair container masing – masing componen atau bagian container mempunyai standard pengerjaan yang berbeda sesuai dengan pedoman IICL manual repair IICL Vol.5. Adapun disini akan dibahas secara umum tentang pengerjaan repair container.Mengingat seringnya terjadi kesalahan dalam melakukan repair componen besi dicontainer maka untuk menentukan cara repair yang tepat dan ketentuan repair maka disini akan dibahas tentang pekerjaan repair sebagai berikut ;

A. Straightening / Pelurusan
adalah melakukan perbaikan dengan cara meluruskan kembali componen container sehingga bisa kembali ke-bentuk aslinya dengan mengunakan jack hidrolik atau palu dan backing plate.

B. Welding or Straightening and welding
Adalah melakukan pekerjaan pengelasan hanya dengan pengelasan atau pelurusan dan dilakukan pengelasan. Adapun jenis kerusakan dengan metode pekerjaan seperti ini adalah crack atau cut.

C. Inserting and Patching
Adalah perbaikan kerusakan componen steel dengan cara membuang sebagian material yang rusak dan diganti dengan material steel yang baru dan penyambungannya
mengunakan pengelasan. Type perbaikan ini dilakukan bila kerusakan tidak bisa diperbaikan dengan pelurusan atau penngelasan dan pelurusan.

D. SECTIONING
Adalah type perbaikan componen steel container dengan cara memotong sebagian dari penampang componen tersebut secara penuh / full profile. Perbaikan ini dilakukan bila tidak bisa dilakukan perbaikan dengan cara per-baikan pelurusan , pelurusan dan pengelasan , insert atau patching.

E. REPLACEMENT / GANTI BARU
Adalah cara perbaikan dilakukan dengan cara menganti semua bagian component tersebut.Perbaikan ini dila-kukan bila kerusakan tidak bisa dilakukan perbaikan dengan mengunakan cara – cara diatas yaitu pelurusan , pelurusan dan pegelasan , insert atau patching , sectioning.



posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 05.42

9 komentar:

  1. halo Pak Ali sangat berpengalaman sekali dibidang Container, mohon untuk tambahan ilmu MNR dong pak atau Ilmu IICL/Cedex yang mudah untuk dimengerti awam seperti saya,,siapa tahu saja suatu saat saya bisa balik bantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya share untuk ISO Code yang dimaksud semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Apakah ada saran untuk cepat mengeringkan lantai container basah setelah dicuci agar dapat segera dipergunakan dengan MC dibawah 25%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilakukan pengeringan dengan membuka kedua container, ditempatkan dibawah terik matahari dan ditiup dengan udara kering.

      Hapus
  3. kalo ventilasi broken dan harus di replace disebabkan apa ya pak rusaknya ?..handling kah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar pak karena handling karena ventilator rusak.

      Hapus
  4. Untuk floor bekas oil... Spot spot..... Apakah harus di sanding... Kalau di cuci aja gimana......

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dilakukan pencucian untuk floor dg oil spot Pak

      Hapus
  5. pak, mau nanya.. sebenarnya kerusakan container yg terjadi selama perjalanan dari port of loading sampai ke tempat consignee itu merupakan tanggung jawab siapa ya? yang membayar biaya repair container seharusnya siapa? terima kasih...

    BalasHapus