Rabu, Januari 11, 2012

Fungsi reefer container

Reefer Container

Fungsi reefer container


Sebagaimana pengertian reefer container dapat kita simpulkan bahwa reefer
sejatinya bukan alat untuk menurunkan temperature cargo tetapi untuk menjaga
kestabilan temperature kargo sehingga jika digunakan untuk proses mendinginan cargo (processing) akan menyebabkan kerusakan pada unit itu sendiri. Sehingga cargo yang di stuffing ke unit Reefer adalah cargo yang temperature-nya sudah mencapai setting temperature.


Pemahaman bahwa reefer bisa digunakan utk menurunkan temperatur seperti refrigerator frezer rumah tangga adalah salah. Hal ini didasarkan pada besarnya kapasitas pendinginan engine reefer dgn besarnya ruangan pada unit reefer. Masalah yang sering di sampaikan pengguna reefer atau exportir adalah lambatnya penurunan temperature setelah selesai stuffing.Sering kali dari pihak eksportir mengclaim bahwa penyebabnya adalah container yang bermasalah atau rusak,yang perlu di berikan penjelasan adalah bahwa penyebab lambatnya penurunan temperatur bisa disebabkan dari berbagai hal. Bisa dari engine,temperatur cargo,maupun cara dan proses stuffing/penataan barang yang salah.Jika shipper booking cont dgn seting temperatur minus 20 degre cel maka seharusnya barang/cargo yg akan distuffing memiliki temperatur yang sama atau paling tidak mendekati temperature tersebut. 
Sebelum proses stuffing unit reefer sebaiknya di running test/pre cooling terlebih dahulu sampai mencapai setting. Sedangkan waktu proses stuffing cargo untuk engine reefer harus dalam posisi mati. Hal ini dimaksudkan untuk efisiensi kerja engine dan mencegah beban engine dari beban 23 pendinginan yang berlebih karena pintu terbuka pada saat stuffing. 


Jika mesin hidup dan pintu terbuka akan membuat tekanan pd engine,compresor lbh besar/compresor high pressure dan juga tdk akan ada proses pendinginan krn uap dingin yg dihasilkan engine akan langsung keluar karena pintu yg terbuka

posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 22.59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar