Senin, Januari 13, 2014

Komponen – Komponen Dry Container atau Petikemas

 
container part


Inspector atau surveyor PETIKEMAS dikehendaki mempunyai dasar pengetahuan tentang rancang bangun petikemas dan paham tentang konstruksi sebuah kontainer tersebut.  Petikemas dirancang mempunyai standard ukuran yang baku dikarenakan untuk memudahkan perpindahan dari satu tempat ketempat yang lain. Ada banyak sekali jenis container sesuai dengan muatan dan bebeda fungsi seperti Dry container, open top, hige cube, flatrack, tank, refrigerant dan yang lainnya. Pada umunya yang banyak digunakan adalah dengan mempunyai ukuran 20 FT, 40 FT dan 45 FT panjangnya.




Container material

Nama – nama komponen boleh bermacam – macam, didalam perbedaan bagian diseluruh dunia. Bagaimanapun menurut peraturan internasional adalah umum digunakan sebagai berikut :
v  DOOR Side  atau REAR   atau bagian pintu petikemas adalah bagian ujung container yang ada pintunya.
v  FRONT Side atau bagian depan adalah bagian ujung sejajar dan dibelakang door atau rear.
v  RIGHT Side adalah bagian sisi samping sebelah kanan ,  yang mana untuk menentukan sebelah  kiri adalah melihat dari luar dan menghadap ke door atau rear dimana tangan kanan kita itulah sebelah kanan petikemas.
v  LEFT Side adalah bagian samping sebelah kiri, yang mana untuk menentukan sebelah kiri adalah melihat container dari luar dan menghadap kedoor atau rear dimana tangan kiri itulah sebelah kiri petikemas.
v  UNDERSTRUCTURE adalah bagian sisi bawah seperti crossmember , forklif pocket , tunel rail , tunel plate , tunel bloster dan lain – lain.
v  BOTTOM Side dalah bagian dasar atau lantai beserta penguatnya seperti Floor , bottom rail , hat section dan lain – lain.
v  TOP Side adalah bagian sisi atas seperti roof panel , roof bow , HEB  dan lain – lain
v  Bagian konstruksi transversal atau melintang seperti Crosmember , forklif pocket ,  door sill , front sill ,roof bow penghitungan dimulai dari door demikian juga penghitungan panel.
v  Bagian konstruksi Longitudinal atau  Memanjang seperti Bottom rail , top rail dan hat section.
Konstruksi tersebut diatas saling support antara satu sama yang lain sehingga  memiliki fungsi masing – masing sangat penting sehingga dalam melakukan inspection atau survey harus dilakukan pengecekan semua komponen tersebut.
Demikan komponen – komponen container atau petikemas dan wajib dihafal dan dimengerti oleh sorang surveyor container . 

 Untuk detail nama – nama komponen petikemas sesuai dengan ilustarsi gambar tersebut :
  1. Komponen Door Side atau Rear Side (Bagian Pintu)
  2. Komponen Font Side (Bagian depan)
  3. Komponen Right dan Left Side (Bagian kanan atau kiri)
  4. Komponen  Understructure  (Bagian struksture bawah)
  5. Komponen Bottom side (Bagian dasar)
  6. Komponen Top Side (Bagian atas)
Demikian komponen - komponen container dan tungguh lanjutannya.

Semoga bermanfaat

posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 00.38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar