Kamis, Januari 16, 2014

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau


cargo lable

Petikemas digunakan secara terus menerus untuk kegiatan Export dan Import dengan muatan yang bebeda – beda  sehingga menimbulkan kerusakan atau bau yang tidak sedap menyengat hidung . Sebuah depot container melakukan pencucianpetikemas didepot sebelum container tersebut digunakan atau buat export,  tapi terkadang bau tersebut muncul kembali saat akan keluar dari depo. Untuk menghilangkan bau tersebut berbagai cara dan treatment dilakukan oleh sebuah depot container  atau pekerja maintenance and repair bahkan pihak shipper atau pengirim barang pun melakukan treatment jika container yang dikirim kemereka masih ditemukan bau .  Permasalahan bau ini menjadi tidak jelas karena tidak bisa ditangkap oleh mata dan hanya dirasa dengan indra pencium atau hidung. Saya disini  mau berbagai pengalaman tentang bagaimana cara untuk menghilangkan bau didalam container. Sebelum  saya menguraikan langkan – langkah tersebut maka harus mengetahui terlebih dahulu penyembab mengapa container menjadi bau.

Adapun penyebab container menjadi bau adalah sebagai berikut :
1       Sisa cargo yang lama masih tersimpan didalam container 
2       Cargo yang bau seperti chemical dan pakan ternak sudah menyerap diplywood 
3       Treatment yang kurang tepat pada saat container digunakan oleh cargo yang bau

Setelah mengetahui penyebab timbulnya bau didalam petikemas maka kita akan lebih mudah dalam mengatasi masalah tersebut.


 

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau tersebut ???

Adapun  langkah – langkah dalam menghilangkan bau didalam container adalah sebagai berikut :
1.       Pada saat menerima container yang muatannya cargo bau agar melakukan pengecekan secara detail dan lakukan pencucian sesuai dengan procedure pencucian cargo bau

2.       Biarkan pintu terbuka minimal 24 jam setelah proses pencucian dilakukan

3.       Check kembali apakah setelah kering masih ada sisa cargo didalam container dan gasket  pintu

4.       Lakukan pengasapan dengan mengunakan kopi dan arang bakar kurang lebih 1 jam dengan kondisi pintu petikemas tertutup.

5.       Lakukan penaburan kopi kebeberapa titik didalam container dan tutup pintu container

6.       Sebelum container digunakan untuk muat cargo lakukan pemebrian pewangi seperti frambos atau paneli.

Demikian langkah – langkah untuk menghilangkan bau didalan petikemas, tapi jika langkah tersebut belum berhasil dan container masih bau tidak sedap maka harus dilakukan perbaikan atau repair container dengan cara pengantian seluruh plywood container. Mengingat biaya pengantian plywood ini sangat mahal dan tidak efisien kami menganjurkan untuk dilakukan perbaikan atau repair lantai dengan cara coating floor container.

Selamat mencoba semoga sukses selalu, Indahnya berbagi semoga bermanfaat.
   
                   
      
posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 19.02

1 komentar: