Selasa, Januari 14, 2014

Cara menghilangkan Oil Stain / noda minyak


FLOOR OIL STAIN
 

Cara dalam menghilangkan noda minyak adalah sangat mudah jika kita tahu carannya dan memang diperlukan usaha yang lebih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kontainer yang digunakan berkali – kali  tentunya banyak sekali jenis kerusakan yang ditimbulkan . Untuk melihat jenis – jenis kerusakan dicontainer bisa melihat artikel jenis – jenis kerusakan atau   Type damage container.  Kali ini kami membahas satu kerusakan yang sering menjadi masalah buat depot petikemas atau pihak ketiga seperti exportir / shipper,  importir atau penerima barang yaitu oli difloor petikemas. Noda minyak difloor petikemas sangat sering ditemukan pada saat petikemas dikembalikan kedepot bahkan sering dijumpai oils stain / noda minyak pada saat container tersebut akan digunakan untuk export.  Penyebab adanya oli stain  dilantai kontainer adalah dari cargo atau muatan yang dibawah atau dari alat angkut yang digunakan untuk proses bongkar muat cargo dari dan kedalam container.  Batasan dalam menghilangkan minyak disini adalah untuk minyak atau oli yang belum penetrasi tembus ke bawah plywood. 

Bagimana cara menghilangkan noda minyak  atau oil stain di-plywood petikemas  !!.




Mari kita bahas bagaimana cara menghilankannya,  Adapun cara untuk menghilangkannya adalah dengan langkah – langkah sebagai berikut.
  1. Bersihkan oli atau minyak yang ada dipermukaan dengan mengunakan kapi atau majun
  2. Taburkan kapur kepermukaan plywood yang terkena noda  biarkan sampai kapur menarik semua oli dan kapur akan kelihatan basah oleh miyak yang diserap.
  3. Angkat kapur tersebut dan buang ketempat yang telah ditentukan
  4. Lakukan pencucian dengan air segar kepermukaan tersebut tentunya dengan air yang bertekanan sesuai dengan yang direkomendasikan dalam standar pencucian container.
  5. Taburkan chemical removal oil atau minyak kepermukaan plywood tersebut dan biarkan minimal 30 s/d 1 jam
  6. Taburkan Tepol atau  deterjent  jika tepol tidak tersedia   yang telah dicampur dengan air (  untuk air jangan terlalu banyak , ambil secukupnya)
  7. Sikat permukaan plywood tersebut dengan mengunakan sikat yang memiliki gagang agar chemical tersebut tidak terkena tanggan kita.
  8. Semprotkan air panas bertekaanan kepermukaan tersebut  jika air panas bertekanan tidak ada ya….  gunakan saja air segar yang bertekanan.
  9. Biarkan container sampai kering dan lihat hasilnya
  10. Lakukan pengetesan kepermukaan plywood yang telah dibersihkan dengan mengunakan kertas putih dengan cara ditemplekan dan ditekan.
Proses tersebut harus dijalankan sesuai dengan tahapannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
Demikian proses cara menghilangkan oil stain atau noda minyak diplywood jika hasilnya oil stain tidak hilang  makan harus dilakukan proses selanjutnya yaitu dilakukan repair. Untuk repair pada plywood kontainer bisa mengunakan action repair seperti section atau replace dan coating ( pengecatan ).
Untuk repair lantai yang murah atau ekonomis adalah dengan cara perbaikan atau repair coating menginggat saat ini harga plywood yang tinggi.

Selamat mencoba dan sukses selalu, Indahnya berbagi semoga bermanfaat.


Apabila teman-teman atau sobat sekalian membutuhkan bantuan atau keterangan seputar artikel di semua postingan saya, silahkan hubungi saya

Email : asalishod@gmail.com


atau bisa kirim email dan tulis pesan melalui laman hubungi saya.

 Terima kasih.


posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 18.32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar