Minggu, Juli 10, 2011

Estimation of Repair Container

Estimate Of Repair

Setelah proses pengecekan atau survey container dilakukan maka hal yang terpenting kita lakukan adalah estimasi kerusakan tersebut sesuai dengan harga yang telah disepakati oleh depot container dan pemilik container.

Estimation ini dilakukan oleh seorang estimator sebelum estimator melakukan input data di EOR di system depot harus dikumpulkan data dari surveyor yaitu item kerusakan yang dituangkan dalam form survei atau EIR IN dan gambar – gambar kerusakan yang diambil dengan kamera digital dan dilakukan penamaan terhadap gambar – gambar tersebut sesuai dengan nomor container, setelah data terkumpul maka dilakukan analisa ulang terhadap hasil survei dan gambar yang telah diambil oleh surveyor. Dalam melakukan analisa kerusakan ini seorang estimator diwajibkan paham tentang survei dan repair sehingga menghasilkan analisa kerusakan yang tepat sehingga tidak merugikan perusahaan atau pemilik container.

Berdasarkan pengimputan atau biaya repair dalam estimate repair para estimator
wajib paham tentang membedakan damage container akan menjadi beban owner
( pemilik container ) atau user ( penguna container )
Biaya repair yang menjadi beban atau tanggung jawab Owner atau pemilik container adalah untuk kerusakan yang disebabkan karena usia pemakaian secar normal dan wear and tear.
● Biaya repair yang menjadi beban atau tanggung jawab pemakai adalah untuk kerusakan akibat kesalahan dalam proses pembongkaran cargo (muatan) atau akibat , kecelakaan dalam perjalanan dan kesalahan dalam melakukan penanganan container waktu digunakan.

Didalam membedakan kerusakan tanggung jawab bisa dilihat dilampiran sebagai pedoman untuk menetukan hal tersebut.dan untuk melakukan input kekerusakan ke system Depot maka kita harus mengenal STS ( Standard time system ) dan dikonfigurasikan dengan ISO Cedex container untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan perjanjian Repair Container


posted by : Ali Shodikin
Management container Depot Updated at: 05.39

2 komentar:

  1. Kerusakan berdasar Wear & Tear itu maksudnya apa ya ?? apakah tergantung komoditinya ??

    BalasHapus
  2. kerusakan karena usia Pak seperti corroded hole, dileminasi, frozen dll

    BalasHapus