Kapal Petikemas ( Container Vessel )
Kapal Container (Inggris: containership atau celullarship) adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang memilki ukusan sesuai dengan standar ISO. Kapal container digunakan sebagai sarana transportasi pengiriman barang oleh Exportir lewat laut ke Importir. Kapal container memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Kapal Container diangkat ke atas kapal di terminal container dengan menggunakan kran/derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derek-derek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu sendiri.
Kapal-kapal Container terbesar
Sepuluh kapal peti kemas terbesar, berdasarkan kapasitas
| ||||||||
Built
|
Nama
|
Sisterships
|
Length o.a.
|
Beam
|
Maxium TEU
|
GT
|
Pemilik
|
Bendera
|
2006
|
Emma Mærsk
|
6
|
397.7 m
|
56.4 m
|
15,200
|
151,687
|
Maersk Line
|
Denmark
|
2005
|
Gudrun Mærsk
|
5
|
367.3 m
|
42.8 m
|
10,150
|
97,933
|
Maersk Line
|
Denmark
|
2006
|
Xin Los Angeles
|
6
|
336.7 m
|
45.6 m
|
9,600
|
107,200
|
CSCL
|
Hong Kong
|
2006
|
COSCO Guangzhou
|
4
|
350 m
|
42.8 m
|
9,450
|
99,833
|
COSCO
|
Greece
|
2006
|
CMA CGM Medea
|
3
|
350 m
|
42.8 m
|
9,415
|
99,500
|
CMA CGM
|
France
|
2003
|
Axel Mærsk
|
5
|
352.6 m
|
42.8 m
|
9,310
|
93,496
|
Maersk Line
|
Denmark
|
2006
|
NYK Vega
|
2
|
338.2 m
|
45.6 m
|
9,200
|
97,825
|
Nippon Yusen Kaisha
|
Panama
|
2005
|
MSC Pamela
|
5
|
336.7 m
|
45.6 m
|
9,178
|
90,500
|
MSC
|
Liberia
|
2006
|
MSC Madeleine
|
1
|
348.5 m
|
42.8 m
|
9,100
|
107,551
|
Liberia
| |
2006
|
Hannover Bridge
|
2
|
336 m
|
45.8 m
|
9,040
|
89,000
|
Japan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar